Usaha Mandiri Untuk Wanita Hebat Indonesia

usaha mandiri untuk wanita

Dahulu, wanita dikodratkan untuk menjadi ibu rumah tangga yang tugasnya hanya mengurus anak. Seiring berkembangnya zaman, kodrat wanita mengalami pergeseran. Hal tersebut dipicu oleh berbagai faktor, terutama desakan kebutuhan ekonomi. Namun, kebanyakan wanita masih bingung dengan jenis pekerjaan yang tidak menelantarkan keluarga tapi dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Berikut akan kita ulas beberapa jenis usaha mandiri untuk wanita.

Jenis Usaha Mandiri untuk Wanita Pemula

usaha mandiri untuk wanita

1. Bisnis Rempeyek

Camilan menjadi makanan yang tak pernah ketinggalan ketika kita sedang bersantai dengan keluarga. Salah satu alternatif camilan yang enak dan menggugah selera adalah rempeyek. Para ibu rumah tangga biasanya sangat lihai dalam membuat rempeyek. Selain bahannya mudah ditemukan, juga mudah cara pembuatannya. Pemasaran produknya pun juga relatif mudah. Misalnya dititipkan di warung-warung atau bisa juga dipasarkan online.

Baca juga: Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online

2. Kerajinan tangan dari barang tidak terpakai

Seorang wanita identik dengan sifatnya yang teliti dan ulet. Bagi wanita yang menyukai jahit menjahit dan berkreasi, merajut bisa dijadikan usaha yang menjanjikan. Apalagi untuk wanita yang kreatif dan menyukai barang-barang bekas. Beberapa barang bekas, seperti bungkus kopi/ detergen dapat dijadikan peluang untuk menjadi sebuah kerajinan tangan yang bernilai jual. Seperti, keranjang belanja; tas slempang ( sling bag); dan masih banyak lagi.

3. Jualan Pulsa

Dewasa ini, hampir setiap manusia memegang handphone. Baik handphone jadul ataupun smartphone. Secara otomatis setiap handphone memerlukan pulsa, baik pulsa data ataupun pulsa reguler. Jika kita tidak ingin usaha yang ribet, namun menghasilkan, bisnis pulsa dapat menjadi alternatif yang sangat cocok. Bayangkan saja kalau setiap pembelian pulsa Rp 5.000 dibandrol dengan harga Rp 6.000 – Rp 7.000; dan harga kulakannya Rp. 5500. Maka, apabila dalam sehari kita dapat 20 kali transaksi pulsa dengan nominal Rp 5.000 saja. Keuntungannya sudah Rp 500 x 20 = Rp 10.000. Kalau dalam sebulan bisa untuk beli bedak dan lipstik bukan?

4. Kue Donat

Jenis kue dengan aneka topping warna warni yang menarik, cukup menggiurkan untuk dimakan. Kue donat misalnya, dari zaman dulu hingga sekarang masih menjadi salah satu makanan favorit. Dari donat yang haga Rp. 1.000 sampai yang harga Rp 20.000 selalu diminati penggemar kuliner manis. Bisnis ini bisa menjadi alternatif usaha untuk wanita. Kalau ibu-ibu kreatif, bisa juga donat dibentuk beraneka ragam. Misalnya bentuk bintang, bentuk hati dan lain sebagainya. Modifikasi ini tentu akan semakin menarik para penggila donat atau donat holic.Cukup bermodalkan Rp 800.000-an, para wanita sudah dapat memproduksi puluhan donat unik nan lezat. Pemasarannya pun sangat mudah, bisa lewat online atau di sekolah-sekolah. Jadi, sambil mengantarkan anak sekolah ibu sekaligus berbisnis. Bisa dikatakan “ sambil menyelam minum air”.

5. Menjadi reseller produk

Bagi Anda yang menyukai dunia jual beli online, bisnis reseller ini sangat cocok. Terutama untuk para ibu muda yang hobi main gadget dan memiliki relasi yang luas. Kalau pas di rumah, anak sekolah, suami kerja, Anda bisa memasarkan produk-produk Anda melalui grup chat. Hanya dengan bermodalkan smartphone, para ibu muda dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Anda dapat menjual aneka accecories, jilbab, krim perawatan tubuh, dan sebagainya. Tergantung passion Anda di produk apa.

Baca juga: Barang Yang Laku Dijual Online Itu, Apa Aja Sih?

6. Membuka Lapak Gorengan

Gorengan?  Ada tempe mendoan hangat, tahu isi, pisang goreng dan masih banyak lagi jenis yang menggoda selera. Bagi para ibu yang hobi masak, bisa dicoba nih usaha gorengan yang menjanjikan. Selain cara pembuatannya mudah, bahannya murah dan yang pasti akan laris manis apalagi kalau musim hujan. Biasanya pengen makan camilan yang hangat. Usaha mandiri untuk wanita yang satu ini paling digemari oleh ibu-ibu rumah tangga.

7. Pembuatan Pigura

“Selalu ada jalan menuju Roma”. Kata-kata itu pas untuk wanita muda yang pandai memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan “sesuatu”. Kira-kira sesuatu seperti apa? Nah, limbah paling dekat dengan kita adalah kertas. Di tangan wanita kreatif, limbah ini bisa dijadika figura. Nantinya figura ini diberikan sentuhan seni agar dapat bernilai jual. Figura ini nantinya bisa dipasarkan lewat online. Bagi yang belum mengenal smartphone, dapat dipasarkan di toko accecories.

8. Warung Makan

Memasak tentunya menjadi keterampilan pokok yang dimiliki oleh wanita. Nah, mengapa kita tidak memanfaatkan keterampilan ini untuk mendatangkan rezeki? Bagaimana caranya? Pertama, cari lapak untuk membuka warung makan. Kedua, memulai dengan beberapa jeis masakan unggul. Ketiga, berikan promo ketika Grand Opening warung. Kalau sudah laris, lambat laun tambahkan variasi makanan yang dijual. Omzetnya hingga Rp 150.000an setiap hari.

9. Jasa Pengetikan

Kalau Anda jago dalam ketik-mengetik, jasa pengetikan dan cetak bisa menjadi peluang usaha. Apalagi dewasa ini, semakin banyak pegawai yang sibuk. Alhasil, mereka memilih jasa rental ketik untuk mengerjakan tugasnya. Anda hanya perlu membeli seperangkat komputer dan printer. Untuk 1 lembar biasanya dibandrol dengan harga Rp 1000 – Rp 1500.

10. Bisnis Aneka Cake

Jika kita lihat, kue basah cukup diminati para penggila kuliner. Bagi Anda yang jago membuat kue, tidak ada salahnya kalau mencoba bisnis ini. Jenis kue seperti brownies, kue tart, martabak sangat menggugah selera makan. Awalnya, promosikan bisnis kue anda melalui online atau relasi teman. Alangkah lebih baik, jika anda memberikan diskon untuk masa Soft Opening. Hal ini pasti akan membuat penggila kuliner tergoda untuk mencoba kue Anda. Setelah bisnis Anda berjalan lancar, Anda bisa membuka outlet sendiri. Secara otomatis, omzet Anda akan meningkat.

Nah, demikianlah beberapa usaha mandiri untuk wanita yang suka berbisnis. Selamat mencoba dan semoga menjadi wanita-wanita mandiri yang sukses!

Bagikan Artikel ini ke teman Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *