Tips Jualan Online Di Tokopedia Agar Menjadi Seller Terpercaya

Tips Jualan Online Di Tokopedia Agar Menjadi Seller Terpercaya

Salam semangat. Senang sekali kita dapat bertemu lagi pada pembahasan kali ini. Masih semangat tentunya ya. Pada kesempatan ini kita akan membahas tips jualan online di tokopedia. Semakin berkembangnya akses jaringan internet di Indonesia, membuat orang menjadi semakin berkembang pula pemikirannya. Sekarang ini cara – cara konvensional sudah mulai ditinggalkan. Segala hal sekarang berbasis go online. Tak terkecuali dalam perdagangan.

Usaha bisnis secara online sekarang mulai dilirik banyak orang. Hal itu muncul karena adanya perubahan pola pikir masyarakat modern yang mengiginkan sesuatu dengan cara ynag simpel dan tidak rumit. Dengan berbelanja secara online kita hanya tinggal memilih barang yang kita inginkan kemudian melakukan pembayaran melalui transfer bank. Setelah itu tinggal duduk manis saja menunggu barang tersebut datang diantarkan ke alamat rumah anda. Sangat simpel sekali bukan? Sangat cocok sekali dengan gaya hidup orang modern yang selalu menginginkan sesuatunya yang simpel dan tidak ribet.

Baca juga: Tips Jualan Online Di Shopee Yang Wajib Diketahui

Untuk berjualan online, sekarang ini sudah banyak platform – platform marketpalce yang menyediakan tempat bagi kita untuk mempromosikan barang jualan kita. Kita pasti tahu platform-platform marketplace seperti bukalapak, lazada, zalora, tokopedia dsb. Mereka dengan gencar memasang iklan di televisi ataupun media – media sosial. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan agar orang orang banyak yang tau dan berbelanja pada sirus mereka.

Tips Jualan Online Di Tokopedia Agar Menjadi Seller Terpercaya

Tips Jualan Online Di Tokopedia Agar Menjadi Seller Terpercaya

Nah salah satu platform marketplace yang sekarang sedang digandrungi orang adalah tokopedia. Kita pasti pernah mendengar tokopedia. Dengan warna khas hijau dan logo berbentuk wajah burung hantu, membuat marketplace tokopedia ini mudah diingat oleh masyarakat. Selain itu pemberian nama tokopedia yang juga easy listening membuat marketplace ini semkain dikenali orang.

Faktanya ternyata tokopedia ini juga dinilai salah satu marketpalce yang minim dari aksi penipuan. Penipuan merupakan salah satu tindak kriminal yang marak terjadi dalam belanja online. Hal itu membuat orang menjadi takut dan ragu untuk berbelanja online. Namun tokopedia ini nyatanya berhasil meminimalkan resiko itu sehingga mendapat kepercayaan di hati masyarakat.

Dengan penjelasan diatas itu tadi, maka tidak heran bahwa tokopedia sekarang menjadi sebuah raksasa marketplace dalam dunia e – commerce. Dengan demikian semakin menambah jumlah buyer maupun seller yang memakai jasa tokopedia ini sebagai media untuk berjualan. Hal itu tentunya meunculkan persaingan yang ketat antara par seller. Para seller diharuskan memiliki kualitas pelayanan yang maksimal supaya barangnya banyak dibeli oleh buyer.

Nah bagi anda yang tertarik untuk mencoba berjualan di tokopedia, mari penulis mengajak untuk menyimak tulisan ini. Di sini penulis akan mencoba memberikan tips jualan online di tokopedia agar anda menjadi seller yang terpercaya sehingga mendapatkan banyak pembeli.

1. Identitas Jelas

Salah satu penilaian kepercayaan buyer kepada seller adalah adanya identitas diri seller yang sejelas – jelasnya. Jadilah seller yang terbuka kepada buyer khususnya dalam hal identitas ini. Identitas diri ini biasanya berupa biodata lengkap diri anda dilengkapi dengan nomor contact person anda. Cantumkan pula alamat toko offline anda jika punya. Hal ini sangat berguna untuk mendapatkan kepercayaan buyer. Biasanya buyer akan lebih percaya kepada seller yang identitasnya jelas.

2. Deskripsi Toko Jelas

Tokopedia menyediakan kolom slogan dan deskripsi yang dapat anda isi. Untuk mendapatkan kepercayaan buyer sebaiknya anda mengisi kolom ini sejelas mungkin. Deskripsikan apaun mengenai toko anda, barang yang anda jual dan lain sebagianya. Hal ini penting untuk meyakinkan buyer sehingga buyer mau membeli produk yang anda jual.

3. Gunakan Real Logo

Apabila anda mempunyai toko offline, maka sebaiknya gunakanlah logo toko offline anda itu sebagai foto profil di lapak tokopedia anda. Hal ini akan membuat calon pembeli menjadi lebih yakin bahwa anda adalah seorang seller yang serius. Dengan begitu maka anda akan mendapatkan kepercayaan si calon pembeli. Namun apabila anda tidak mempunyai toko offline, tidak usah khawatir. Anda bisa gunakan foto produk / barang yang anda jual disetrai dengan nama toko anda sebgai foto profil lapak tokopedia. Foto profil yang asal – asalan akan mengurangi tingkat kepercayaan calon buyer kepada seller.

4. Jangan Hanya Menggunakan Satu Jasa Pengiriman

Dalam berbelanja online hal lain yang poerlu diperhatikan adalah jasa pengiriman. Anda sebagi seller sebaiknya jangan hanya mengggunkan satu jasa pengiriman saja. Pakailah lebih dari satu jasa pengiriman misalnya JNE, POS, TIKI dll. Malah pada marketplace tokopedia ini disediakan 8 jasa pengiriman yang bisa dipilih. Hal ini beerguna sebagai bentuk service excellent kepada buyer. Dengan menggunakan lebih dari satu jasa pengiriman, maka anda bisa memnita buyer untuk memilih jasa pengiriman sesuai selera mereka. Khususnya dalam hal ongkos kirim, biasanya antara jasa pengiriman yang satu dengan yang lain terdpat perbedaan.

5. Susunan Etalase Rapi

Hal ini berguna bagi anda yang menjual lebih dari satu jenis barang. Dengan susunan etalase yang rapi, maka akan lebih nyaman dilihat sehingga menarik mkinat buyer untuk membeli. Buatlah susunan yang rapi berdasarkan kategori barang. Hal itu akan memudahkan buyer dalam memilih barang yang akan dibeli.

6. Informasi Produk Yang Jelas

Brikan informasi yang sejelas – jelasnya mengenai segala aspke dari produk / barang yang anda jual. Informasi tersbut bisa berupa foto barang, jumlah stock, spessifikasi barang dll.

7. Potongan Harga

Jika anda menjual produk yang sama dengan lapak lain atau sudah ada lapak lain yang menjual barang yang sama dengan anda, hal ini perlu sesekali dilakukan. Pemberian potongan harga / diskon pastinya akan lebih menarik minat pembeli.

Baca juga: Bong Chandra: Inilah 6 Cara Meningkatkan Penjualan Pada Bisnis Anda

Demikian tips jualan online di tokopedia agar menjadi seller terpercaya. Semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel ini ke teman Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *