Perencanaan Bisnis Yang Baik Bagi Pemula

perencanaan bisnis yang baik

Tentu menjadi dambaan setiap orang untuk memiliki bisnis sendiri. Tidak terkecuali pada karyawan, karena dengan memulai bisnis sendiri akan menjadi sumber pendapatan diluar gaji. Sebelum memulai sebuah bisnis tentunya ada beberapa perencanaan yang harus dipertimbangkan. Tanpa perencanaan bisnis yang baik tentu nantinya akan menimbulkan banyak kendala ketika bisnis mulai berjalan.

Untuk menjaga agar bisnis anda terus berjalan ada beberapa perencanaan bisnis yang baik yang harus anda pelajari. Perencanaan bisnis dibuat agar sebelum memulai bisnis anda mempunyai gambaran bagaimana bisnis tersebut akan berjalan. Berikut kami berikan panduan sederhana dalam membuat perencanaan bisnis.

Perencanaan Bisnis yang Baik adalah Langkah Awal Kesuksesan Anda

perencanaan bisnis yang baik

Sebagian orang beranggapan bahwa tidak penting membuat sebuah perencanaan bisnis. Namun pada kenyataannya tanpa perencanaan bisnis hasilnya kurang baik. Sedangkan bisnis dengan perencanaan yang baik kebanyakan menjadi sukses Karena tahu tahap – tahap dalam berbisnis.

Baca juga: Bisnis Model Canvas – Peta Kesuksesan Anda

Perencanan bisnis biasanya terbentuk dalam dokumen tertulis seperti informasi detail perusahaan, visi, misi, tujuan, stratgei, kelemahan, kelebihan, segmen dan lain sebagainya. perencanaan bisnis ini akan sangat bermafaat bagi anda. Karena dengan begitu anda dapat mengevaluasi bisnis anda dan terus melakukan perbaikan kedepannya.

Deskripsi Bisnis

Tahap pertama dalam perencanaan bisnis yang baik adalah deskripsi bisnis. Artinya anda harus tau jenis bisnia apa yang akan anda jalankan. Hal ini akan berkaitan dengan strategi bisnis pada tahap selanjutnya. Untuk jenis bisnis berbeda tentu memiliki karakteristik dan starategi yang berbeda pula. Untuk membuat anda lebih fokus terhadap bisnis yang dirintis, usahakan untuk memulai satu jenis bisnis terlebih dahulu. Selain itu anda harus mempertimbangkan potensi produk anda dimasa depan. Jika anda rasa bisnis tersebut memiliki usaha yang menjanjikan anda dapat berjuang untuk melanjutkan bisnis tersebut untuk bersaing dipasaran.

Lokasi Usaha

Selanjutnya anda perlu mempertimbangkan dimana lokasi usaha yang akan anda jalankan. Lokasi usaha akan brpengaruh pada anggaran yang harus dikeluarkan. Contohnya tempat usaha anda berada di ruamh sendiri atau menyewa ruko. Lokasi usaha juga berpengaruh pada tingkat keberhasilan suatu usaha. Beberapa usaha seperti bengkel kendaraan, warung makan dan sejenisnya mengharuskan berada dilokasi yang strategis. Sedangkan untuk jenis usaha online tidak begitu bergantung pada lokasi.

Strategi Pemasaran

Anda perlu melakukan analisa pasar dengan cermat. Dengan analisa pasar anda dapat melihat siapa target pembeli anda. Dengan begitu anda dapat mempersiapkan strategi yang berkaitan untuk mengembangkan usaha anda.

Analisis Pesaing

Analisis pesaing digunakan untuk mengetahui bagaimana kekuatan dan kelemahan dari pesaing. Setelah anda mengetahui bagaimana kekuatan dan kelemahan pesain. Anda dapat mengambil celah dengan mencari celah untuk membuat strategi berbeda dengan pesaing. Untuk kelemahan dari pesaing anda dapat mengembangkannya agar usaha anda lebih baik.

Analisis SWOT

Swot merupakan sebuah kependekan dari strengths, weaknesses, opportunities, dan threats. SWOT merupakan sebuah metode perencanaaan strategi. Biasanya digunakan untuk melihat atau mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari suatu bisnis, usaha atau perusahaan. Dalam membangun sebuah usaha, anda pelu melakukan analisis SWOT. Karena dengan analisis ini anda tahu bagaimana keadaan bisnis anda. Anda akan terus berbenah diri, melihat kekurangan perusahaan. Dengan mengetahui peluang maka anda dapat memaksimalkan bisnis milik anda. Anda perlu mempertimbangkan faktor – faktor internal maupun eksternal yang dapat menghambat keberlangsungan kegiatan bisnis anda.

Besarnya Modal

Anda juga harus memperhitungkan berapa besar modal yang anda miliki, berapa modal yang dibutuhkan dan darimana sumber modal tersebut. Apakah modal yang anda dapatkan dari uang sendiri atau modal bersama rekan. Untuk bisnis yang kecil, anda sebaiknya menggunakan modal sendiri. Karena dengan begitu hasil yang didapatkan dapat anda jadikan untuk perputaran modal kerja. Yang terpenting hindari modal bisnis yang bersumber dari hutang.

Survei Harga Bahan

Bagi anda yang memiliki modal kecil, adan dapat mengantur strategi modal. Caranya anda harus melakukan survey kecil – kecilan terhadap harga bahan pokok. Bandingkan harga beberapa tempat dan cari yang paling menguntungkan anda.

Proyeksi Laba dan Rugi

Buat pedoman bisnis anda dengan membuat proyeksi laba dan rugi. Anda harus tahu berapa laba yang dihasilkan setiap bulan, berapa target penjualan dan perkiraan biaya operasional. Pada awal bisnis anda dapat membuat proyeksi laba dan rugi menurut perkiraan. Namun setelah bisnis berjalan anda dapat membuat proyeksi ini sesuai dengan keadaan yang nyama bisnis anda.

Strategi Bisnis

Sebuah bisnis yang baik tentu tidak berjalan sendiri begitu saja. Ada strategi bisnis dibelakangnya. Jika anda menginginkan hasil yang maksimal tentu dibutuhkan strategi yang baik. Strategi meliputi modal produksi, harga jual, bagaimana pemasaran, media promosi dan lain sebagainya. hal inilah yang akan memnedakan bisnis anda dengan bisnis lainnya.

Evaluasi Berkala

Ketika usaha anda telah berjalan maka tahap selanjutnya adalah membuat evaluasi. Apakah bisnis yang anda jalankan sudah sesuai dengan rencana atau tidak. Apa saja yang menjadi masalah dan hambatan selama bisnis berjalan. Dan bagaimana menemukan strategi pemasaran yang lebih baik. Evaluasi berkala dapat anda lakukan tiga atau enam bulan sekali.

Baca juga: Macam Macam Usaha Rumahan Yang Menguntungkan

Itulah beberapa informasi mengenai perencanaan bisnis yang baik bagi pemula. Bagi anda yang ingin memulai suatu bisnis anda harus terus belajar. Modal terbesar merupakan tekat dan usaha. Tidak selamanya bisnis yang anda jalankan akan terus berkembang, ada kalanya masa sulit datang hingga anda harus memutar otak. Disitulah mental dan tekad anda diuji. Selamat mencoba

Bagikan Artikel ini ke teman Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *